Pengertian dan Cara kerja VPN



● VPN

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang akan mengizinkan sobat untuk melakukan koneksi ke dalam sebuah jaringan secara aman melalui jaringan internet. VPN juga biasa digunakan untuk mengakses/membypass website atau content yang di blokir oleh sebuah negara. VPN juga berfungsi untuk melindungi aktifitas browsing sobat dari ancaman pencurian data pada jaringan wifi dan lain-lain.


prinsip kerja VPN sangat sederhana yaitu memforward semua lalu lintas data dalam jaringan sobat. Jadi dengan menggunakan VPN sobat seperti menggunakan jaringan lokal milik sendiri. dengan demikian sobat bisa membypass website-website yang di blokir oleh negara atau kantor sobat. 

● Apa itu VPN ?

VPN adalah sebuah jaringan virtual yang dapat dihubungkan ke komputer  kita melalui internet. ketika sobat menghubungkan perangkat sobat (bisa smartphone, komputer, tablet, laptop dll) ke dalam jaringan VPN maka perangkat sobat akan bertindak seolah-olah berada didalam satu jaringan yang sama dengan si VPN. semua traffic atau lalu lintas data sobat dalam internet di suplai oleh si VPN yang memiliki koneksi yang aman dan bersih. karena komputer sobat seolah-olah berada dalam satu jaringan yang sama dengan VPN maka komputer sobat bisa memanfaatkan resource jaringan virtual tersebut meskipun sobat sedang berada di belahan dunia yang lain. Komputer sobat juga bisa mengakses internet seolah-olah berasal dari lokasi atau negara yang sama dengan VPN yang sobat  gunakan. Dengan prinsip kerja ini maka sobat bisa mengakses website-website yang diblokir oleh sebuah negara atau lokasi. 

ketika sobat melakukan browsing menggunakan VPN, maka secara tidak langsung komputer sobat melakukan kontak dengan website menggunakan koneksi VPN yang terenkripsi, sehingga data-data sobat akan aman dan nggak akan diendus oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

ketika sobat mengakses sebuah website maka VPN akan melakukan request terhadap website tersebut kemudian meneruskannya ke pada sobat secara aman, jadi ibaratnya VPN dapat berfungsi sebagai saringan yang menyaring koneksi kotor yang berbahaya sehingga sobat dapat melakukan browsing internet dengan aman dan nyaman.

● Fungsi VPN

setelah mengetahui apa itu VPN, selanjutnya apa fungsi VPN? VPN bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, diantaranya adalah : 

Mengakses Internet untuk bisnis saat sobat dalam perjalanan. kenapa sobat membutuhkan VPN ? yup karena sobat nggak akan pernah tahu apakah jaringan internet yang sobat gunakan ditempat tersebut aman dari segala macam spyware. maka dari itu  sobat  membutuhkan VPN agar transaksi online sobat aman. 

Mengakses Home Network saat dalam perjalanan. saat sobat dalam perjalanan sobat bisa tetap mengakses jaringan Home sobat. sobat juga bisa meremote komputer sobat yang ada dirumah melalui VPN. 

Menyembunyikan aktivitas browsing sobat. dengan menggunakan VPN sobat bisa menyembunyikan aktivitas browsing sobat, sehingga data-data yang sobat input saat browsing tidak akan bisa diendus oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Mengakses Website yang di blokir. dengan VPN sobat bisa mengakses website-website yang diblokir menggunakan sistem geo blocked atau website yang di blokir berdasarkan wilayah atau kebijakan suatu negara. jadi jika sobat melakukan perjalanan di china sobat tetap bisa mengakses facebook via VPN. karena Facebook di china itu di blokir dan dilarang akses loh. 

membypass internet censorship. dengan VPN sobat bisa mengakses situs-situs atau konten-konten yang di sensor. 

Download files. banyak orang yang memanfaatkan VPN untuk mendownload files terutama menggunakan Torrent. menggunakan VPN untuk mendownload Torrent akan meningkatkan kecepatan download sobat. apalagi jika konten torrent yang sobat download adalah konten legal.

● Cara Kerjanya

setelah mengetahui apa itu vpn, fungsi vpn lalu bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkan VPN? cara menggunakan VPN sangat gampang. sobat tidak membutuhkan software tambahan, karena di windows sendiri sudah menyediakan tools untuk mengakses VPN sobat. caranya pencet tombol Windows sobat, lalu ketikan VPN pada menu search kemudian klik pilihan _Set up a virtual private network (VPN) connection_ lalu tekan ENTER. 

selanjuntya sobat tinggal mengikuti wizzard yang ada pada kotak dialog setting VPN tersebut. selanjutnya sobat bisa melakukan connect dan disconnect VPN dari sistem tray. 



diatas tadi untuk sobat yang memang memiliki VPN sendiri, tapi bagaimana bagi  sobat yang belum punya..? sobat bisa menggunakan software VPN gratis yang banyak tersebar diinternet. salah satu yang paling gampang dan simpel adalah Tunnelbear, dengan tools itu sobat nggak perlu melakukan setting apapun, cukup tekan DIAL dan sobat akan terhubung ke VPN gratis yang telah disediakan.

● Keuntungan atau Manfaat VPN

Beberapa keuntungan dari teknologi VPN diantaranya adalah:

- Remote Access, dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet
- Keamanan, dengan koneksi VPN kita bisa berselancar dengan aman ketika menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau internet cafe.
- Menghemat biaya setup jaringan, VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.
- Dan lain-lain ...

● Kekurangan atau Kelemahan VPN

Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangannya, beberapa kekurangan dari VPN diantaranya adalah:

- Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya "nebeng" koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
- Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.

Link Download :

● TunnelBear Windows (PC)| Solid Files | Kumpulbagi | Google Drive |

● ProXPN | Solid Files | Kumpulbagi | Google Drive |

Demikian mengenai Pengertian dan Cara kerja VPN, Semoga bermanfaat ...

source : eridekstop
source : http://www.catatanteknisi.com/2011/06/mengenal-prinsip-cara-kerja-vpn.html

Terima kasih atas kunjungannya, baca juga artikel-artikel lainnya dibawah ini ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
Monday, December 09, 2019 delete

Dear : Custumer Import & Domestics
Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

Best Regards,

Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id

Reply
avatar